INFO UPT : Selamat Datang di Website Resmi UPT TK dan SD Dinas Pendidikan Kecamatan Medan Belawan, Email : upttksdmedanbelawan@gmail.com => Persyaratan Usul Kenaikan Pangkat di lingkungan PEMKO Medan, KLIK DISINI

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2015

Solusi Data / NISN Peserta Didik Baru Tidak Ditemukan Pada Verval Pd Sekolah Tujuan

Mekanisme dalam mengeluarkan data peserta didik yang masih aktif dari aplikasi Dapodik tentu saja data peserta didik tersebut harus disesuaikan dengan jenis mutasi, pindah, atau sudah lulus yang akan berdampak pada data anak tersebut pada sekolah lain ataupun pada data di sekolah lanjutannya. Sehingga data peserta didik khususnya yang terkait dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dapat ditemukan pada VerVal PD sekolah tujuan.
Sehingga, solusi apabila data / NISN peserta didik tidak ditemukan pada Verval PD sekolah tujuan padahal sudah dilakukan input dan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodik dimungkinan sebabnya adalah dalam proses mengeluarkan siswa pindah, mutasi, atau lulus dari aplikasi Dapodik sekolah asal belum dilakukan dengan benar.
Seperti halnya yang disampaikan oleh Bpk. Taufik Lone melalui akun Facebooknya sebagai berikut :
Secara logika ketika siswa pindah sekolah atau mutasi atau lulus, artinya nama siswa tersebut seharusnya tidak lagi berada dalam database sekolah asalnya, maka tugas OPS adalah mengeluarkan data siswa tersebut dari database melalui Aplikasi DAPODIK, kemudian lakukan sinkronisasi, selanjut ketika sekolah tujuan melakukan input siswa baru karena pindah, mutasi atau lulus dari sekolah asal melalui DAPODIK dan di sinkronisasi, siswa tersebut otomatis akan pindah ke database sekolah tujuan.
Apabila prosedur ini tidak dilakukan, maka data peserta didik selamanya akan berada di database sekolah asal di mana siswa tersebut sebetulnya sudah tidak bersekolah di sekolah tersebut.
Yang harus difahami adalah, OPS sebagai pengelola data yang behubungan langsung dengan sumber data harus aktif dan mendapat informasi dinamika peserta didik/siswa, sehingga database sekolah akan selalu terbarukan (up to date).
Syarat data berkualitas adalah data tersebut terbarukan, ter-verifikasi dan valid. Semoga difahami. Terimakasih.
Untuk mengetahui bagaimana cara mengeluarkan peserta didik dengan benar dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
1.   Login pada aplikasi Dapodik sekolah Anda.

2.   Pada tab “Peserta Didik”, pilih salah satu peserta didik yang akan dikeluarkan karena pindah/mutasi, lulus, wafat, dan lain sebagainya.


3.   Lengkapi data dan lakukan sinkronisasi online via aplikasi Dapodik.


4.   Cek pada tab “Peserta Didik Keluar”, jika masih ada kesalahan dan perlu dilakukan perbaikan, silahkan pilih salah satu peserta didik, lalu klik “Batalkan”, dan jangan lupa setelah memperbaiki data-data tersebut silahkan dilakukan sinkronisasi kembali.
Demikian prosedur / cara mengeluarkan siswa pindah, mutasi, atau lulus dari aplikasi dapodik yang benar. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Populer

Harian Tribunnews

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA