INFO UPT : Selamat Datang di Website Resmi UPT TK dan SD Dinas Pendidikan Kecamatan Medan Belawan, Email : upttksdmedanbelawan@gmail.com => Persyaratan Usul Kenaikan Pangkat di lingkungan PEMKO Medan, KLIK DISINI

Berita Terkini

Selasa, 12 Mei 2015

Memahami Makna dan Arti NUKS ( Nomor Unik Kepala Sekolah)

Makna dan Arti NUKS - NUKS atau nomor unik kepala sekolah  adalah nomor unik yang terdiri atas 21 digit  dan sebagai data dasar untuk Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) dan dinas pendidikan tingkat kabupaten/kota dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan kompetensi kepala sekolah.

Kepala sekolah merupakan adalah tokoh sentral didalam upaya peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing dalam pendidikan. Kepala sekolah dalam tugas, peran, serta fungsinya merupakan faktor penyumbang keberhasilan kualitas pendidikan antara lain dalam hal penguatan pengelolaan, akuntabilitas dan pencitraan publik.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYR_fM1uLTEYicEuab-Q-9NP7FDcQ5XfG2hYY7Xu0kYYX4ovM4LnIO1C006egsK8SdJaV3LVvhMDcF2ezh_EY3DpdqtdV-uJ4P3Bxm8YRN2YTG3BRnyYXRSLK1pm2idyNeimqm1IUQmA/s200/lpkks.png
Sebagaimana yang tercantum didalam Permendiknas 13 Tahun 2007 dinyatakan dengan tegas bahwa seorang kepala sekolah diharapkan memiliki beberapa kompetensi yang diantaranya adalah: 

  1. kepribadian, 
  2. manajerial, 
  3. kewirausahaan, 
  4. supervisi, dan 
  5. sosial. 


Namun fakta lapangan yang ada , tidak semua kepala sekolah mampu menguasai seluruh kompetensi secara utuh. Sehingga masih diperlukan sebuah upaya yang berkelanjutan untuk meningkatkan penguasaan kompetensi KSh yang masih kurang, supaya seluruh kepala sekolah memiliki penguasaan kompetensi paripurna. 

Program penyiapan calon KS/M secara simultan terdiri atas beberapa kegiatan antara lain: 
  1. perencanaan kebutuhan, 
  2. pengusulan calon,
  3. seleksi administratif, 
  4. seleksi akademik, 
  5. program pendidikan dan pelatihan calon KS oleh lembaga yang terakreditasi dan 
  6. sertifikasi  pengangkatan sebagai kepala sekolah .

Sehingga Tahap pemerolehan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah ( NUKS) menjadi sangat penting, karena tahap ini adalah merupakan ujung akhir bagi upaya memilah serta memilih calon kepala sekolah/madrasah yang layak dan telah memenuhi persyaratan baik secara administratif maupun akademik, serta memenuhi harapan publik. 
Prosedur dalam pemerolehan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah (NUKS) merupakan tahap diaman setelah prosedur diklat dalam sistem program penyiapan calan kepala sekolah/madrasah. Secara garis besar prosedur dalam pemerolehan sertifkat dan NUKS terdiri atas 4 tahap yaitu: 
  1. penerimaan data-data dari  lulusan diklat calon kepala sekolah ; 
  2. verifikasi; 
  3. penerbitan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah (NUKS). 
  4. penyerahan sertifikat.

Lalu apa makna setiap digit pada NUKS? Berikut ini makna dan arti dari Nomor Unik Kepala Sekolah.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnQ06YObfj94U0JSXJeMX4T26b9CWAOdmTC5bMiSANRc4b1aBk2EhiSmoT5JGJz4zWm3bHCjSb1cjgjSEbCTj0CXxgR7J1QrgB4HlqwCDoshS2v9C8sOOg-0UKzVSM_ciBPdvki7gOMg/s400/penjelasan+NUKS.png
Penjelasan: 00-000-000-0000-0-0-0-000000
  • Tahun keluaran sertifikat
  • Kode Kementerian: 023 ( Kemendiknas) ; 025 ( Kemenag)
  • Kode lembaga diklat
  • Kode kabupaten
  • Tugas tambahan  ( 1: Kepala Sekolah)
  • Jenjang sekolah ( 1: TK/RA ; 2 : SD/MI/SDLB ;dst)
  • Jenis Kelamin ( `1: Pria ; 2: Wanita)
  • Nomor urut 

Demikian informasi mengenai makna dan arti NUKS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Populer

Harian Tribunnews

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA