Dana BOS yang diterima oleh sekolah dikelola secara mandiri melalui
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Dari sisi manajemen keuangan, MBS
menuntut pengelola sekolah mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi, dan pertanggungjawaban pengelolaan dana secara baik dan
transparan. Pengelolaan dana yang baik tidak terlepas dari prinsip
ekonomis, efisiensi, efektifitas, transparansi, akuntabilitas, keadilan,
kejujuran dalam pengelolaan dan pengendalian.
Setelah 10 tahun pelaksanaan program
BOS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa perlu untuk
mendapatkan gambaran mengenai pengelolaan dana BOS yang baik yang sudah
dilaksanakan di sekolah. Untuk itu perlu dicari sekolah-sekolah yang
dapat menjadi model atau contoh dalam pengelolaan dana BOS.
Dengan latar belakang tersebut, Tim Manajemen BOS
Pusat akan menyelenggarakan Lomba Tata Kelola BOS tingkat sekolah.
Lomba ini melibatkan penilaian terhadap seluruh sekolah yang
menerima dan mengelola dana BOS.
[Baca Juga Permasalahan dan Solusi Pelaporan BOS]
Dengan dilaksanakannya lomba ini, diharapkan akan diperoleh
sekolah-sekolah dengan pengelolaan anggaran dan kegiatan yang baik untuk
mendukung proses pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu
pendidikan. Selanjutnya, sekolah-sekolah inilah yang diharapkan dapat
menjadi contoh dan model dalam pengelolaan dana BOS yang baik.
A. Kriteria Peserta
1. Sekolah yang dapat diikutsertakan dalam Lomba Tata Kelola BOS adalah sekolah tingkat SMP, baik negeri dan swasta, yang menerima dana BOS.
2.
Sekolah yang telah terpilih sebagai sekolah terbaik di tingkat
kabupaten/kota pada pelaksanaan lomba tahun lalu, tidak dapat
diusulkan sebagai perwakilan kabupaten/ kota dalam pelaksanaan lomba
tahun ini.
B. Kriteria Penilaian
Sesuai dengan falsafah
pelaksanaan Lomba Tata Kelola BOS Tingkat SMP, maka penilaian pada
setiap sekolah peserta lomba difokuskan pada aspek-aspek kinerja
pengelolaan dana BOS yang telah dilakukan oleh sekolah, yaitu:
1. Aspek Ketepatan Pengelolaan Dana BOS
Penilaian terhadap aspek
kinerja pengelolaan dana BOS difokuskan pada bagaimana sekolah menyusun
rencana penggunaan dana/anggaran di sekolah dan bagaimana penggunaan
dananya. Untuk itu indikator penilaian untuk aspek ini adalah:
a. Indikator perencanaan yang baik;
b. Indikator kesesuaian penggunaan dana BOS sesuai Petunjuk Teknis BOS.
2. Aspek Ketepatan Adminsitrasi dan Dampak BOS
Penilaian
terhadap aspek kinerja administrasi dan dampak BOS difokuskan pada
bagaimana sekolah menyelenggarakan administrasi pengelolaan BOS di
sekolah, serta sejauh apa kegiatan yang telah disusun dan didanai BOS
bisa memberikan dampak yang positif bagi mutu pembelajaran di sekolah. Untuk itu indikator penilaian untuk aspek ini adalah:
a. Indikator kelengkapan adminsitrasi pembukuan;
b. Indikator akuntabilitas laporan;
c. Indikator dampak BOS di sekolah.
Untuk
memperoleh hasil penilaian yang lebih realistis dan mendalam
terhadap praktek pengelolaan dana BOS di sekolah, maka
penilaian lomba dilaksanakan secara lebih rinci dan mendalam pada
beberapa indikator.
Sesuai dengan tujuan lomba, maka indikator
penilaian yang dilakukan pada sekolah peserta lomba mencakup seluruh
tahap pengelolaan dana BOS di sekolah, mulai dari tahap perencanaan
sampai dengan tahap pelaporan, yaitu:
1. Indikator perencanaan yang baik
a. Data pokok pendidikan secara online dan akurat;
b. Evaluasi diri;
c. Penyusunan RKAS;
d. Perencanaan penggunaan dana BOS;
e. Sosialisasi penerimaan dan rencana penggunaan dana BOS di sekolah;
f. Sosialisasi penerimaan dan rencana penggunaan dana BOS ke orang tua;
g. Pembentukan Tim Manajemen BOS Sekolah.
[Lihat Petunjuk Informasi BOS Tahun 2015]
2. Indikator kesesuaian penggunaan dana BOS sesuai Juklak
a. Mekanisme pengambilan dana;
b. Kebijakan pencairan dana;/Cara Cek Penyaluran BOS
c. Penggunaan dana BOS;
d. Mekanisme pembelian barang/jasa;
e. Pengelolaan/pencatatan barang inventaris sekolah yang telah dibeli dari dana BOS.
3. Indikator kelengkapan adminsitrasi pembukuan
a. Penyusunan buku kas umum, buku pembantu kas, buku pembantu bank dan buku pembantu pajak;
b. Penyusunan laporan realisasi penggunaan dana BOS;
c. Penyusunan dan penyerahan laporan.
4. Indikator akuntabilitas laporan
a. Pelaporan data penggunaan dana BOS ke dalam website BOS/Pelaporan BOS Cara Online;
b. Kelengkapan bukti pengeluaran dana secara sah dan akurat sesuai laporan pengeluaran;
c. Kelengkapan bukti setor pajak.
5. Indikator dampak BOS di sekolah
a. Pungutan kepada orang tua peserta didik;
b. Kelengkapan buku teks pelajaran;
c. Kondisi gedung sekolah;
d. Kondisi sanitasi sekolah;
e. Kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler;
f. Hubungan antar warga sekolah.
Selengkapnya silahkan unduh pada link dibawah ini.
Download Juknis Lomba Tata Kelola Dana BOS Tahun 2015
Download Instrumen Penilaian
Download Jadwal
BREAKING NEWS
- 1. Petunjuk Pengisian LP2P Tahun 2015
- 2. Juknis Penulisan Ijazah Tahun Pelajaran 2014/2015
- 3. Download RPP SD Kurikulum 2006 Berkarakter Lengkap
- 4. Juknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Dana BOS 2015
- 5. Cara Input Data Aplikasi Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2015
- 6. Contoh Formulir Penerimaan Siswa Baru SD/SMP/SMA TP. 2015/2016
- 7. Pedoman Juknis Pendaftaran Ulang e-PUPNS Tahun 2015
- 8. Cara Melihat Nomor Peserta PLPG Sergur 2015
- 9. Persyaratan Utama Honorer K2 diangkat menjadi CPNS Tahun 2015
- 10. Dokumen Persyaratan Pengambilan Dana BSM/PIP Tahun 2015
Berita Terkini
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Berita Populer
-
Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan pada tahun ajaran baru 2013/2014, apakah dalam membuat atau menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelaja...
-
Kurikulum 2006 sebagai bagian dari pendidikan pada masa bhaktinya kembali di perpanjang hingga tahun pelajaran 2019/2020 baca KTSP 2006 mas...
-
Pada postingan sebelumnya Klik Info Net share tentang Aplikasi Cetak Kartu NISN dengan Microsoft Excel untuk SD SMP SMA Terbaru 2015 Dow...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar