INFO UPT : Selamat Datang di Website Resmi UPT TK dan SD Dinas Pendidikan Kecamatan Medan Belawan, Email : upttksdmedanbelawan@gmail.com => Persyaratan Usul Kenaikan Pangkat di lingkungan PEMKO Medan, KLIK DISINI

Berita Terkini

Sabtu, 27 Juni 2015

Pendaftaran Program SM-3T Tahun 2015

Ashampoo_Snap_2015.06.28_03h08m12s_001_ 
Bagi Guru Yang pernah mengabdi atau yang masih mengabdi menjadi guru di sekolah berasrama moga juga menjadi perhatian pemerintah. Karena mereka tenaga-tenaga pendidik yang pengabdiannya yang hampir 24 jam,Kapan saja harus siap untuk anak didiknya. Tidak saja mengajar tapi juga mendidik, membina dan mengayom merupakan rutinitas yg mereka jalani selama ini.

Untuk mengimbangi kemajuan teknologi dan informasi, guru haruss lebih banyak mendampingi siswanya. Jangan sampai karena alasan penelitian, menulis dan menyelesaikan urusan administrasi yg lain malah jarang ketemu siswanya, seperti yang sekarang banyak terjadi. Akibatnya siswa tambah liar…

Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  mengisyaratkan perlu ada reformasi rekrutmen guru. Menurut beliau selama ini rekrutmen guru begitu longgar. Siapa saja bisa menjadi guru, tanpa ada seleksi kompetensinya. Ujungnya pemerintah kesulitan dalam proses pembinaan dan pengawasannya. Dia sepakat jika rekrutmen guru diperketat dengan mendapatkan guru-guru yang berkualitas.
Mulai tahun 2016 nanti pemerintah menerapkan sistem baru rektrutmen guru PNS. Bagi yang berminat menjadi guru PNS, wajib mengikuti program sarjana mengajar di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan dengan mengikuti Program (SM-3T) serta pendidikan asrama dahulu.Beliau memberikan contoh sama halnya dengan Dokter menjadi dokter. Karena sama-sama harus mengabdi di daerah terpencil dahulu. Seperti diketahui untuk menjadi Dokter PNS, calon dokter harus mengikuti program pegawai tidak tetap (PTT) di daerah terpencil. “Supriadi Rustad” sebagai Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirdiktendik) Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  juga angkat bicara pada prinsipnya sarjana guru yang ingin melamar menjadi PNS wajib lulus program pendidikan profesi guru (PPG).
Nah program PPG ini wujudnya adalah praktek mengajar di daerah pedalaman (SM-3T) dan pendidikan di asrama.Selama ini untuk menjadi PNS guru tidak ada seleksi, Yang ada seleksi CPNS baru. Bukan seleksi guru. yang menjadi permasalahan adalah ada orang yang memilih jadi guru, karena tidak diterima melamar kerja di mana-mana. Sehingga di lapangan banyak guru PNS yang bekerja tidak dengan kualifikasi sebagai seorang guru professional. Ujungnya proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Calon PNS guru  mengikuti SM-3T dulu dan mengikuti  pendidikan diasramakan minimal dilaksanakan selama 2 tahun. dengan mengikuti program ini jebolan program PPG tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik atau keilmuan guru semata. Tetapi juga memiliki kompetensi kepribadian dan kepedulian sosial.
Sistem rekrutmen guru baru ini mendapat sambutan positif dari kepala daerah. Sejumlah kepala daerah yang ketempatan atau menjadi tuan rumah SM-3T, membuka formasi PNS guru untuk alumni SM-3T. Supriadi mengatakan meskipun program SM-3T ini dijalankan oleh pemerintah pusat, status guru PNS tetap ada di pemerintah daerah setempat. Pemerintah akan memetakan kebutuhan guru baru secara nasional. Kemudian Kemenristekdikti melalui kampus lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) membuka seleksi peserta PPG. Jumlah yang diterima PPG ini disesuaikan dengan kebutuhan nasional.
Ini merupakan langkah nyata yang baik yang diambil pemerintah, bentuk pemerataan Pendidikan Nasional ditingkat daerah. dan tentunya harapannya pendidikan diindonesia dapat merata dirasakan oleh seluruh rakyat, terutama mereka yang tinggal dipedalaman.
Nah bagi rekan-rekan yang berminat untuk menjadi PNS khusus untuk guru, silahkan untuk mendaftar program SM-3T.
  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan identitas diri berupa KTP yang masih berlaku;
  2. Lulusan program studi kependidikan S-1 (bukan transfer) tiga tahun terakhir (2013, 2014, 2015) dari program studi terakreditasi yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah disahkan (legalisasi). Peserta harus tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  3. Berusia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2015;
  4. IPK minimal 3,00 yang dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi);
  5. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
  6. Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang berwenang;
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta; dan
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah
  9. Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.
Sesuai dengan jadwal yang telah dipublikasikan dalam situs, hasil seleksi administrasi calon peserta SM-3T Angkatan V tahun 2015 akan diumumkan pada tanggal 10 Juni 2015. Pengumuman dapat diakses pada laman ini pada menu Hasil Seleksi Administrasi mulai pukul 18:00 WIB dengan menggunakan akun dan password yang digunakan saat pendaftaran SM-3T Tahun 2015.
Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi harus mengikuti seleksi tes tertulis yang dilaksanakan secara online sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara tes. Seleksi tes tertulis akan diselenggarakan pada tanggal 20 s.d. 23 Juni 2015 dengan materi sesuai dengan program studi pilihannya. Kisi-kisi soal seleksi untuk tiap program studi dapat diunduh melalui laman dibawah ini dengan Format file PDf.

Kisi – Kisi soal SM3T Tahun 2015

 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 PKK Tata Rias
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 PKK Tata Busana
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 PKK Tata Boga
 Kisi-Kisi  Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Teknik Otomotif
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Teknik Mesin
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Teknik Elektronika
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Teknik Elektro
Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
  Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Seni Budaya
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Sejarah
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Matematika
Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Kimia
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan IPS
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan IPA
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Geografi
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Fisika
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Ekonomi
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Biologi
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Bahasa Inggris
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Bahasa Indonesia
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Bimbingan Konseling
 Kisi-Kisi Soal Seleksi SM3T 2015 Pendidikan Anak Usia Dini
 Kisi-Kisi Tes Online Pendidikan Guru SD

 Kisi-Kisi Tes Online Pendidikan Kewarganegaraan
 Kisi-Kisi Tes Online Pendidikan Ekonomi
 Kisi-Kisi Tes Online Pendidikan Biologi
 Kisi-Kisi Tes Online Pendidikan Bahasa Inggris
 Kisi-Kisi Tes Online Pendidikan Bahasa Indonesia
 Kisi-Kisi Tes Online Bimbingan Konseling

Sekian Informasi dan beritanya semoga dapat bermanfaat buat kita semua , khususnya Para Guru yang selama ini mengabdi sampai puluhan tahun dapat terselesaikan dengan adanya program ini …
Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang program SM3t Dapat Diakses dilaman / Link Di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Populer

Harian Tribunnews

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA