INFO UPT : Selamat Datang di Website Resmi UPT TK dan SD Dinas Pendidikan Kecamatan Medan Belawan, Email : upttksdmedanbelawan@gmail.com => Persyaratan Usul Kenaikan Pangkat di lingkungan PEMKO Medan, KLIK DISINI

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2015

Program Pilot dan Download Panduan Diklat Interaksi Online (DIO) Tahun 2015

Pendidik dan Tenaga Kependidikan profesional mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Serta diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Agar pendidik dan tenaga kependidikan dapat melaksanakan tugas profesional secara berkualitas, maka wajib untuk selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya secara berkelanjutan sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai langkah mengaktualisasikan pendidik dan tenaga kependidikan sebagai tenaga profesional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program fasilitasi melalui sistem Diklat Interaksi Online (DIO) agar semua guru dapat meningkatkan profesionalitasnya melalui program kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Dengan melaksanakan kegiatan PKB secara terus menerus, diharapkan dapat memperkecil kesenjangan antara pengetahuan, keterampilan, kemampuan sosial dan kepribadian yang telah dimiliki pendidik dan tenaga kependidikan saat ini dengan tuntutan profesional pendidik dan tenaga kependidikan di masa mendatang.

Mengingat jumlah guru di Indonesia mencapai 3 juta Guru yang harus senantiasa ditingkatkan profesionalismenya sistem DIO diharapkan sebagai program terobosan untuk dapat memfasilitasi PKB guru yang dilaksanakan dengan mekanisme online yang dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Akses yang lebih luas
2. Berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
3. Penyampaian yang fleksibel
4. Penggunaan yang meluas ke ruang kelas
5. Pemanfaatan teknologi
Dengan berbagai manfaat tersebut di atas, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana untuk mengujicobakan Diklat Interaksi Online (DIO) sebelum diberlakukan secara masif kepada guru sebagai bagian dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang merupakan unsur utama dalam pengembangan karir guru.
Download Panduan Diklat Interaksi Online (DIO) Tahun 2015, disini!
Lihat Program Diklat Interaksi Online (DIO) Tahun 2015, disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Populer

Harian Tribunnews

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA