Adakalanya
pekerjaan-pekerjaan yang harus kita selesaikan dalam sebuah kesempatan yang
terbatas dengan kuantitas pekerjaan yang terlalu banyak alias menumpuk. Hal ini
biasa terjadi pada beberapa orang penting dalam sebuah bidang pekerjaan,
organisasi, hingga dalam lingkungan terkecil seperti halnya keluarga.
Tentu
saja dikarenakan terlalu banyak dan kompleksnya pekerjaan-pekerjaan itu maka
pada saat deadline (batas akhir) dari pekerjaan itupun kita masih belum dapat
menyelesaikannya. Namun daripada itu, untuk melakukan setiap pekerjaan yang
diamanahkan / dipercayakan kepada kita tersebut tetap kita lakukan dengan
semaksimal mungkin dengan tetap melakukan satu demi satu tugas dengan hasil
kinerja yang hasilnya tidak perlu dipertanyakan lagi, karena berhasil.
Berikut beberapa tips untuk melaksanakan tugas dengan tuntas dan berkualitas, di antaranya :
1. Lakukan
penyelesaian pekerjaan dengan skala prioritas, lakukan dari yang terpenting
sekaligus memiliki batas waktu penyelesaian tugas yang paling dekat duluan.
2. Pada
setiap sesi pekerjaan lakukan dengan semaksimal mungkin berdasarkan aturan /
ketentuan yang berlaku, sumber data yang akurat, dan lain sebagainya.
3.
Hargai
diri-sendiri dengan memberikan waktu istirahat yang cukup, agar pada setiap
sesi pelaksanaan tugas ataupun pekerjaan memiliki kualitas yang baik karena dilakukan
dengan fokus dan energi yang sepadan.
4. Jikapun
tak sanggup benar dalam menerima tugas dikarenakan sudah melebihi kemampuan
kita (bukan karena tak mampu, akan tetapi karena waktu yang terbatas), maka katakan
secara tegas dan jelas agar tidak terjadi permasalahan di masa mendatang.
Demikian
tips
dalam mengelola pekerjaan yang menumpuk agar tidak stress dan tentunya
dengan hasil pekerjaan yang tuntas juga berkualitas. Semoga sukses
selalu Sahabat… Salam
Edukasi…!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar